Pages

Minggu, 14 November 2010

Kumpulan Hadits


Diriwayatkan dari Aisyah ra : seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, “apakah amal (ibadah) yang paling dicintai Allah?” Nabi Muhammad Saw bersabda,” amal (ibadah) yang dilakukan secara tetap meskipun sedikit”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra : Rasulullah Saw pernah bersabda, “perbuatan yang engkau lakukan tidak akan menyelamatkan engkau dari api neraka”, mereka berkata, “bahkan engkau sendiri ya Rasulullah?” Nabi Muhammad Saw bersabda, “bahkan ...aku sendiri, kecuali Allah melindungiku dengan kasih dan rahmatNya. Oleh karena itu lakukanlah perbuatan baik sepatut mungkin, setulus mungkin, sedapat mungkin dan beribadahlah kepada Allah pada pagi dan sore hari, pada sebagian dari malam hari dan bersikaplah al-qashd (mengambil pertengahan dan melaksanakannnya secara tetap) karena dengan cara itulah kamu akan mencapai (surga)”.

================================================================================================

Dari Abu Said dan Abu  Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Tiadalah seorang Muslim itu menderita kelelahan atau penyakit atau kesusahan (kerisauan hati)  hingga tertusuk duri melainkan semua itu akan menjadi penebus kesalahan-kesalahannya."
(Bukhari - Muslim)

================================================================================================

 
LA TASHAB MAN LA YUNHIDLUKA HALUHU WALA YADULLUKA 'ALALLOHI MAQOLUHU = Jangan berteman dengan orang yang tingkahnya tidak membuat semangat pada anda menuju Alla SWTh serta ucapannya tidak menunjukkanmu Ma'rifat pada Allah SWT.
Syarah hikam halaman 37 

================================================================================================  

Allah SWT Berfirman, “Hai anak Adam ! jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan merasa cukup. Tinggalkan rasa dengki, pasti engkau bahagia. Hindarilah hal yang haram, pasti engkau ikhlas dalam beragama. Siapa yang tidak melakukan ghibah, Aku Cinta padanya. Siapa yang meninggalkan manusia, ia akan selamat dari mereka. Siapa yang sedikit bicara, sempurnalah akalnya. Siapa yang ridha dengan yang sedikit, berarti ia telah yakin kepada Allah SWT. Wahai anak Adam ! engkau tidak mau mengamalkan apa yang engkau ketahui, lalu bagaimana engkau mencari pengetahuan yang tidak engkau ketahui ?. Wahai anak Adam ! engkau telah berbuat di dunia seolah-olah tidak akan mati esok, dan sibuk mengumpulkan harta seakan-akan hidup selamanya. Wahai dunia ! jangan engkau beri orang yang tamak padamu. Carilah orang yang zuhud terhadapmu. Menjadi manislah engkau dalam pandangan orang yang melihatmu.”

Allah SWT Berfirman, “Wahai anak Adam ! siapa yang sedih karena dunia, hal itu hanya menjauhkannya dari Allah. Di dunia ia capek, di akhirat ia susah; Allah akan buat hatinya senantiasa risau, terus sibuk tiada henti, miskin tanpa pernah bisa kaya, dan selalu diliputi angan-angan. Wahai anak Adam ! umurmu setiap hari berkurang, tapi engkau tidak mengetahui. Setiap hari Aku datang membawa rejekimu, tapi engkau tidak pernah bersyukur. Engkau tidak pernah puas dengan yang sedikit, dan tak pernah kenyang dengan harta yang banyak. Wahai anak Adam ! setiap hari Aku berikan rejeki padamu. Sementara setiap malam para malaikat datang padaKu membawa amal burukmu. Engkau makan rejekiKu, tapi engkau maksiat padaKu. Engkau berdoa kepadaKu lantas Ku kabulkan. Engkau lepaskan apa yang Ku berikan kepadamu. Ku tutupi keburukanmu setelah sebelumnya terbuka. Aku malu padamu, sementara engkau tidak pernah malu kepadaKu. Engkau melupakanKu dan mengingat yang lain. Engkau takut pada manusia, dan merasa aman dariKu. Engkau takut pada murka mereka dan tidak takut pada murkaKu.”
Semoga bermanfaat,Amien ya rabbal 'alamin
Sumber : Al Mawa’izh fi Al Ahadits Al Qudsiyyah, Syekh Hujjatul Islam Abu Ahmad Al Ghazali



0 komentar:

Posting Komentar